Rabu, 23 Februari 2011

Menumbuhkan Sikap Gemar Matematika

Dulu semasa saya SMA, teman-teman paling gak suka sama Matematika, alasan mereka buanyak, diantaranya rumusnya banyak, itung-itungannya rumit, belum lagi gurunya membosankan, galak, dan lain-lain pokoknya semua membuat gak suka , apalagi kalo ada soal yg nggak bisa mengerjakan, boro-boro berusaha tanya teman, tanya guru saja gak mau...so gimana mau bisa ya..
Tapi seiring berjalannya waktu, ternyata saya menemukan "matematika ternyata mengasyyikkan"..Nah, kalian perlu tahu lho, bagaimana agar kita senamg dengan matematika :
1. Jangan mau menyerah, tanamkan niat untuk bisa. kan matematika selalu dipakai dimana saja. Coba kita di pasa juga perlu lihai matematika ketika kita membeli sesuatu...ya kan.
2. Cari manfaat matematika dalam kehidupan sehari-hari..Untuk apa sih kita mempelajari matematika...coba lihat, mana ada kerjaan menghitung berapa kali banyaknya roda pedati menggelinding dari Solo pe Malioboro, kalo gak di Matematika..ya kan..Juga ketika seorang Arsitek ingin membuat rancang bangun...pasti pake itung-itungan matematika kan...jadi rugilah kalau gak sampai seneng sama yang namanya Matematika.
3. Berlatih-dan berlatih.
4. Ulangi soal-soal yang dirasa masih belum bisa, sampai paham betul. Kalau perlu tanya ke kamus , kamusnya banyak lho, maksudnya narasumber, bisa bapak ibu guru, kakak, teman atau buku.
Nahhh....kira-kira itu sekelumit bagaimana cara kita menumbuhkan sikap seneng matematika, rugi lho kalo gak suka.....

Tidak ada komentar: